Search

Jumat, 12 September 2014

Inilah Bentuk Air Mata di Bawah Mikroskop

Pernahkah Anda mendengar bahwa partikel air dapat berubah-ubah bentuknya? Ternyata, tak hanya air biasa, air mata manusia juga memiliki bentuk yang berbeda-beda bila dilihat melalui mikroskop. Jika penyebab seseorang menangis berbeda, bentuknya air matanya juga sangat berbeda.

Seorang peneliti bernama Rose-Lynn Fisher bertanya-tanya apakah air matanya akan tampak berbeda jika dia mengeluarkannya dengan alasan berbeda, karena itu dia mulai menelitinya di bawah mikroskop. Rose mempelajari 100 macam air mata dan menemukan bahwa air mata yang terdapat pada mata untuk menjaga kelembabannya (air mata basal) memiliki bentuk yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan air mata yang keluar saat kita menangis. Bahkan dengan penyebab tangisan yang berbeda, bentuknya juga akan menjadi jauh berbeda. Misalnya air mata yang keluar saat mengiris bawang merah ternyata memiliki bentuk yang sama sekali tidak mirip dengan air mata yang keluar saat tertawa apabila dilihat melalui mikroskop. Menurut Joseph stromberg dari Smithsonian’s Collage of Arts and Sciences, air mata memiliki tiga tipe utama yaitu air mata basal, reflek, dan fisik (karena emosi). Semua air mata pada dasarnya memiliki bahan penyusun yang sama seperti: minyak, antibodi, enzim, garam, dan juga air. Air mata dengan tipe berbeda memiliki molekul yang juga berbeda. Air mata yang keluar karena berbagai perasaan dan emosi mengandung hormon-hormon yang berbahan protein termasuk hormon yang merupakan pereda rasa sakit yang diproduksi saat stres. Air mata yang dilihat dengan mikroskop adalah garam yang menjadi kristal dan dapat memiliki aneka macam bentuk. Karena itu, air mata yang mengandung zat-zat yang sama pun dapat tampak sangat berbeda. Seperti halnya partikel salju, tidak ada air mata yang berbentuk sama. Intip bentuk-bentuk air mata di bawah mikroskop pada galeri di bawah ini. Lihat bedanya air mata yang keluar saat mengiris bawang merah dan bentuk air mata haru!

1. Air mata basal yang secara alami ada pada mata untuk menjaga kelembapannya
2. Air mata yang keluar saat tertawa hingga menangis
3. Air mata yang keluar saat mengiris bawang
4. Air mata saat reuni dengan orang yang telah lama berpisah
5. Air mata harapan
6. Air mata saat teringat momen sedih
Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/59673-ternyata-bentuk-air-mata-saat-dilihat-dengan-mikroskop-berbeda-beda-lho.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar